Gratis Naik Kereta Api dan Komuter 17 Agustus


Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggratiskan tiket perjalanan kereta api lokal di Jawa, Sumatera, dan KRL. Semua rute tersebut khusus untuk penjualan dan keberangkatan pada hari Kamis 17 Agustus 2017.


"Pada 17 Agustus, KAI akan menggratiskan kereta lokal dan komuter," kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro dalam jumpa pers di Ruang Auditorium Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2017).


Terdapat 33 kereta api lokal dengan total 199 perjalanan dan 918 perjalanan KRL yang tiketnya akan digratiskan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan total perjalanan tersebut, kapasitas penumpang yang diangkut mencapai 1.216.349 orang dengan rincian 150.827 penumpang untuk kereta api lokal dan 1.065.522 penumpang untuk KRL.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api lokal, bisa mendapatkan tiket gratis di loket penjualan langsung di stasiun keberangkatan pada Kamis, 17 Agustus 2017.

Sementara itu, bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket kereta api lokal sejak H-7 hingga H-30 dengan tarif normal untuk keberangkatan hari Kamis 17 Agustus 2017, dapat melakukan refund termasuk bea pesan di stasiun kedatangan dengan menyerahkan bukti tiket atau boarding pass kereta api lokal. Proses refund dapat dilakukan mulai tanggal 17 Agustus 2017 hingga 18 Agustus 2017 pukul 18.00 WIB di loket stasiun kedatangan.

"Refund mulai 17 Agustus hingga 18 Agustus sampai pukul 18.00 WIB," ujar Edi.

Berikut adalah daftar kereta api lokal dan KRL yang dibebaskan biaya tiketnya untuk perjalanan tanggal 17 Agustus 2017:


daftar kereta api lokal dan KRL yang dibebaskan biaya tiketGratis Naik Kereta Api dan Komuter 17 Agustus


Meskipun berlabel gratis, demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama perjalanan, kereta api lokal tersebut tetap akan mengangkut sesuai dengan batas kapasitas maksimum yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No.8/2001 tentang Angkutan Kereta Api pasal 10 yakni 150% dari okupansi.

Sementara itu bagi pengguna jasa KRL di Jabodetabek dan sekitarnya, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai operator layanan KRL akan memberikan layanan KRL Gratis ini kepada seluruh pengguna KRL yang memakai Kartu Multi Trip (KMT), Tiket Harian Berjaminan (THB), dan kartu bank yang telah berkerja sama dan dapat digunakan untuk perjalanan KRL. 

Layanan KRL gratis dapat dimanfaatkan masyarakat sepanjang hari pada 17 Agustus 2017, mulai keberangkatan KRL pertama hingga KRL terakhir tiba di tempat tujuan. Layanan ini juga berlaku untuk seluruh relasi KRL. 

Dalam menggunakan layanan KRL gratis, masyarakat perlu memperhatikan sejumlah ketentuan terutama terkait tiket elektronik KRL Jabodetabek. Masyarakat yang memiliki KMT maupun THB harus melakukan tap in dan tap out dengan sempurna di stasiun. Bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dan kartu bank ketentuan saldo minimum Rp 13.000 tetap berlaku.

Khusus para pengguna yang memilih menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) tetap harus memiliki tiket sesuai relasinya dan memberikan uang jaminan kartu sebesar Rp 10.000. Pembelian maupun pengisian relasi tidak dikenakan biaya, sementara uang jaminan juga akan dikembalikan sepenuhnya kepada pengguna saat mengembalikan kartu THB. 

Bagi pengguna yang tidak mengikuti ketentuan tiket elektronik KRL Jabodetabek, juga akan dikenakan penalti dan suplisi seperti biasa. 

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan KA lokal dan komuter secara gratis pada tanggal 17 Agustus mendatang, harus mengikuti ketentuan yang berlaku bagi ka lokal/krl dan memperhatikan keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kenyamanan, baik saat mengantri tiket maupun dalam perjalanan dengan KA," ujar Edi (ara/dna)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiket KA Diskon Hingga 20 Persen di JFC

PT KAI Obral Tiket Kereta

Cek Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2018