PT KAI Obral Tiket Kereta

PT KAI Tiket - Suasana Kereta Tambahan
PT KAI Tiket - Suasana Kereta Tambahan
Seperti diketahui sebelumnya di artikel 8 Kereta Premium Tambahan Khusus Mudik, diInfokan bahwa PT KAI menambah 8 armada kereta untuk antisipasi pemudik. Berkaitan dengan itu, PT KAI memberikan Promo tiket kereta untuk jurusan yang tidak menerima penambahan kereta ini. Salah satu stasiun yang tidak merima kereta tambahan adalah Jakarta - Solo. 

Namun yang diobral bukan tiket mudik atau balik melainkan tiket contra flow (melawan arus) dan harganya lebih murah. Misalnya, kalau tiket mudik kereta api Jakarta-Solo Rp 450.000 hingga Rp 360.000, untuk contra flow Solo-Jakarta hanya Rp 220.000 hingga Rp 190.000.

Menurut Kepala Stasiun Solo Balapan Nuruddin, murahnya harga tiket contra flow kereta api pada saat Lebaran karena banyak masyarakat yang pulang mudik ke daerah atau kampung halaman, sehingga banyak kereta api yang kembali dalam kondisi sepi atau bahkan kosong. Dikatakan, jika tiket Kereta Api untuk mudik Lebaran sudah ludes dipesan, namun untuk tiket contra flow baru 10 persen hingga 20 persen yang dipesan.
 
“Sebenarnya tidak ada kereta tambahan untuk mudik dari Jakarta ke Solo atau untuk balik dari Solo ke Jakarta. Yang terjadi adalah Solo dilewati kereta tambahan untuk kebutuhan transpotasi Lebaran,” kata dia ketika memberi penjelasan pada sejumlah wartawan di stasiun. Dikatakan, dua rangkaian kereta tambahan yang melewati Solo adalah relasi Madiun – Tanah Abang (Mantab) Jakarta dan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan.

Rangkaian Kereta Api tambahan yang dipesan dari PT INKA itu sudah diuji coba dan sudah bisa dioperasikan untuk angkutan Lebaran nanti. “Jenisnya Kereta Apiekonomi premium. Meski kereta ekonomi namun tetap nyaman dan fasilitasnya tidak kalah dengan kelas eksekutif, karena kereta premium,” jelasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Kereta Premium Tambahan Khusus Mudik

Pasca Mudik Perlintasan Kereta Tanjung Barat Ditutup